NYD 8th Season Performance, 8

// Author: admin // 0 Comments

PERPADUAN BUDAYA DI ATAS PANGGUNG TARI

Angka 8 memiliki berbagai makna. Bagi bangsa Mesir Kuno, 8 melambangkan tatanan alam semesta. Bangsa Yunani, angka tersebut berarti cinta dan persahabatan. Sedangkan dalam budaya Tiongkok, 8 adalah lambang jagad raya. Kemudia di Jepang angka 8 adalah lambang pelipatgandaan. Angka 8 juga merupakan seasons performance yang ke-8 bagi Namarina Youth Dance (NYD).

Atas dasar tersebut, NYD menampilkan pertunjukan yang bertajuk di Gedung Kesenian Jakarta, 23-24 November 2013.

Artistic Director pertunjukan 8 Maya Tamara mengungkapkan, pertunjukan tersebut dikreasi oleh tiga koreografer Asia, Jeffrey Tan dari Singapura yang menjelajahi balet dengan pendekatan kontemporer. Kim Jae Duk dari Korea memaparkan ekspresinya dengan bentuk modern. Serta Dinar Karina, resident choreographer NYD yang mengekspresikan gagasan dengan gaya jazz-nya yang khas. Dengan merangkul elemen kelokalan tari tradisional dalam koreografi baletnya. “Inti dari produksi kali ini adalah bagaimana satu hal dapat dipandang dengan cara berbeda-beda.” Paparnya.

Ketiga koreografer tersebut memiliki latar belakang budaya dan teknik yang berbeda satu sama lain.

Tarian-tarian yang ditampilkan adalah diberi title Symbiotic Metamorphosis (Jeffrey Tan), Second Hand (Kim Jae Duk), Identity dan Jegeg (Dinar Karina).” Perbedaan dari masing-masing koreografer ini memberikan rangkaian karya pertunjukan yang unik,” jelasnya.

Sumber : Jawa Pos (25 November 2013)
Reporter: Sri Wahyu Ningsih

Have your say